Senin, 02 Mei 2011

Al Qoshosh 78 [028;078]


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Al Qoshosh 78 [028;078]
Innamaa uuthituhu ‘alaa ‘ilmin ‘indii
= Sesungguhnya aku (menjadi) kaya karena ilmu (yang ada) padaku

Perkataan Qarun yang diabadikan dalam AQ mengandung pesan yang mendalam bagi tiap hati yang meresapinya.Sejalan dengan itu,Rasulullah saw ;
hubbud dunyaa ra’su kulli khothii’ah = Mencintai dunia (pokok) dari segala keburukan.
Islam tidak melarang pemeluknya untuk menjadi kaya,yang diharamkan adalah tindakan tercela dalam memperolehnya dan kemalasan sebagai sifat.Seorang menjadi kaya adalah bukan semata-mata karena doa dan usahanya saja melainkan ketetapan terdahulu.Seorang yang sangat miskin juga bukan karena dia adalah pemalas melainkan telah ditetapkan baginya keadaan seperti itu.Ayat AQ diatas adalah mengingatkan manusia agar tidak serta merta melupakan Allah sebagai pemberi nikmat yang dia peroleh.Perkataan Qarun adalah indikasi awal terhadap penolakan pada Allah yang terlibat langsung dalam kehidupannya setiap detik.

Perbedaan dalam kehidupan manusia baik dari segi ekonomi,sosial dan budaya adalah semata-mata ujian atas hati para pelaku.
Orang paling sial adalah orang miskin yang tiada pernah bersyukur.
Orang beruntung adalah orang kaya (harta atau ilmu) yang selalu bersyukur.
Orang yang ditolong adalah orang miskin yang pandai bersyukur karena miskin maka pertanyaan tentang asal harta (ijazah) dan cara belanja (penggunaan ijazah) tidak banyak ditanya.

Saudaraku........
Sebanyak apapun harta benda anda
Sederet gelar akademis yang anda miliki..
Adalah lebih baik jika anda selalu mengingat bahwa nikmat itu akan menjadi penghalang terbesar yang akan anda hadapi di Hari Akhir.
Bila anda kaya,maka jangan lupa pertanyaan tentang hak-hak bertetangga.Sumbangan anda pada panti asuhan yatim piatu,pondok pesantren,masjid dan lain-lain sumbangan sosial akan bernilai kecil jika anda mengabaikan hak kerabat dan tetangga,Janganlah “telah menyumbang atau menjadi donatur” menjadi dalih bagi anda untuk menutupi keengganan anda pada kerabat dan tetangga.

Saudaraku....
Jika anda termasuk dalam kehidupan yang sempit...
Jika anda tidak mampu mengantar buah hati meraih pendidikan lebih tinggi...
Adalah lebih baik apabila anda mampu menjaga diri dan keluarga dari tindakan tercela karena kesempitan dan ketidakmampuan anda adalah berkah tersembunyi.
Mana yang anda pilih,miskin tetapi taat atau kaya tetapi ingkar?Anda pasti pilih yang ketiga

Menjadi kaya tidak akan pernah dilarang....
Menjadikan kaya atau tenar sebagai tujuan adalah awal dari kegelapan hati karena batas halal dan haram telah dicabut dan kita telah mengangkat diri sebagai Tuhan.
Menjadi miskin juga tidak diinginkan setiap bayi yang dilahirkan
Berbuat tercela untuk membenarkan kemiskinan adalah sungguh hanya membawa kita ke nilai buruk dalam rapor pendidikan akhlak.
Tetapi,selalu berusaha dan berpikir positib adalah perbuatan terbaik yang harus kita lakukan setiap saat kecuali sedang tidur.KiKir maksud saya berpiKir dan berdziKir adalah amal terpuji yang diharapkan mampu dilakukan pemeluk agama ini.

Salam ukhuwah
28 Jumadil Awal 1432 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar