Senin, 29 November 2010

Pemerintahan Islam.Mimpi tapi mungkin.

Atas izin Allah yang maha Pemurah dan Menyantuni
Salam dan sholawat semoga terlimpah utk Rasulullah saw dan keluarganya serta umat Islam seluruhnya

 Alhamdulillah..........


Al Khilafah adalah suatu susunan pemerintahan yang diatur menurut Islam,meski demikian -menurut beberapa ulama- sistem khilafah bukanlah bentuk baku yang harus diterapkan.Akan tetapi,menurut penulis,belum ada sistem negara/pemerintahan yang benar-benar membiarkan pemeluk agama menjalankan kebebasan beragama dalam arti sebenarnya.Yaitu menjalankan hukum-hukum agam dalam tiap sendi kehidupan.Indonesia,mayoritas penduduknya beragama Islam tetapi sangat disayangkan banyak dari umat Islam yang takut bahkan  ngeri apabila diterapkan hukum Islam bagi dirinya.Kenapa demikian?Nafsu manusia tidak dapat merajai hati manusia lagi.Salah satu contoh adalah hukuman potong tangan bagi koruptor,adakah koruptor yang beragama Islam bersedia dipotong tangannya?Pembelaan paling besar adalah dari keluarga koruptor dengan dalih tidak manusiawi.Lantas mana yang lebih manusiawi antara korupsi (baik berjamaah maupun sendirian) dibandingkan dengan dipotong tangan sebagai sanksi?

Al Khilafah dapat diperjuangkan dengan perjuangan umat Islam yang masih memiliki keinginan menempatkan hukum Allah diatas hukum buatan manusia.Perjuangan dapat dilakukan dengan cara menegakkan syariat (untuk pribadi) dimana pun pribadi muslim berada,kemudian meluas dengan dilakukan secara berjamaah menurut keadaan dan tempat masing-masing jamaah berada.Dan diperluas lagi menurut bangsa/negara dengan memperhatikan batas-batas wilayah dan terakhir adalah jamaah internasional (lebih ekstrim lagi seluruh negara Islam/khilafah memisahkan dari PBB untuk membentuk Sistem Khalifah Internasional = = =  ini bukan mimpi tapi nilai yang harus diperjuangkan melalui mematuhi aturan dan larangan Allah beserta meneladani Rasulullah saw dan diawali dari tiap pribadi muslim).Perlu diingat,Khilafah bukan bentuk baku tetapi jika dalam perkembangan manusia di masa mendatang ditemukan bentuk lain yang lebih baik dari Khilafah maka hal tersebut dapat dilakukan selama tidak bertentangan dengan aturan2/hukum Islam.

Kelemahan dan kebodohan yang terjadi hampir 100 tahun terakhir adalah karena tipisnya ukhuwah islamiyyah diantara umat Islam karena penjajahan “predator/kanibalisme”.predator tersebut akhirnya memisahkan bangsa-bangsa dengan membuat batas-batas wilayah jajahan.Contoh,Indonesia-Brunei adalah nama yang tidak ada pada tahun 1800.Mesir-Arab Saudi adalah istilah yang baru dikenal pada awal abad 20.Majapahit telah musnah dan digantikan negara Islam seperti negara Demak,Samudra Pasai dan lain-lain jadi bukankah masih mungkin menghilangkan perbedaan antara Indonesia-Malaysia-Brunei di masa mendatang?Melenyapkan Kuwait,Libya,Arab Saudi untuk melebur menjadi satu sistem khalifah dengan pola pemerintahan seperti masa generasi pertama Islam mungkin atau mimpi?

Syarat utama mencapai tujuan tersebut adalah menegakkan tauhid pada hati tiap muslim lalu memerdekakan diri dari predator!!! Yah,berdoalah agar Indonesia di masa depan dipimpin oleh orang yang takut Allah.

Bersambung,,,,,,,,

4 komentar:

  1. Saya tunggu sambungannya............

    BalasHapus
  2. Al khilafah = pemerintahan yang diatur menurut hukum Islam. Islam sama sekali tidak mengatur hal yang paling mendasar dalam tata pemerintahan yaitu bagaimana khalifah/raja dipilih. Yang sudah ada tidak memiliki bentuk baku. Sejarah terpilihnya empat khalifah yang pertama (khulafaur rasyidin) menunjukkan bahwa pemilihan dilakukan dengan cara berbeda. Semua khalifah sesudahnya dipilih berdasarkan keturunan. Ini menunjukkan tidak adanya pembakuan tata cara pemilihan khalifah. Padahal, dalam suatu negara, masalah kepemimpinan ini harus diatur dalam konstitusi agar tidak terjadi kepemimpinan berdasarkan nafsu. Lalu -jika jadi ada kekhalifahan yang bukan mimpi- bagaimana khalifah yang akan datang dipilih? Saya tentu tidak suka dipimpin orang Saudi yang suka menyiksa pembantunya, yang juga beragama Islam.

    BalasHapus
  3. assalamu alaikum @ALL
    @kaisnet....
    insya allah
    @ngalmost ngweb
    saya sedang menuju ke arah sana.
    Menurut saya syarat utama khalifah adalah manusia yg takut pada Allah.Cara mengetahui takut inilah yang menjadi pemikiran saya utk meraba tolok ukurnya.
    Khilafah setelah 4 yg pertama sebenarnya bukanlah sistem yg dikendaki Islam krn cenderung mirip kerajaan--beda istilah saja--
    salam

    BalasHapus
  4. Assalmu'alaikum.

    Sekedar bersilaturrahmi, dan ijinkan sedikit menanggapi :

    Meng"islam"kan negara akan lebih mudah dilakukan dengan diiringi meng"islam"kan bangsa dan masyarakatnya. Kerinduan pada masa2 saat Rasulullah Muhammad s.a.w masih hidup sangat2 menjadi harapan besar umat Islam.

    Wassalmu'alaikum.

    BalasHapus